Pages

Wednesday 25 March 2015

[REVIEW] KIMMY PUZZLE BY KEZIA EVI WIADJI








Judul                : Kimmy Puzzle
Penulis             : Kezia Evi Wiadji
Penerbit           : Media Pressindo
Tebal               : 160 Halaman
Terbit               : Cetakan pertama, 2014
Rating              : 3 dari 5 bintang





Sinopsis :

KiiMii KaaMii culiiK

JaaNGaaN laapOR pOliisii!!!!

Kimi diculik! Sebuah kertas dengan tulisan tak beraturan itu membuat heboh kediaman Jonah (Ayah Kimmy). Semua anggota keluarga berkumpul untuk membicarakan masalah ini. Karena di surat ancaman tersebut, tertulis tidak boleh melapor polisi—atas usul Opa Samuel—mereka memutuskan untuk menyewa Detektif Freddie—seorang mantan polisi yang kini bekerja sebagai detektif swasta—yang pernah memecahkan kasus di salah satu perusahaan keluarga Jonah.


Detektif Freddie—yang akrab disapa Detektif Fred—mulai melakukan penyelidikan dengan menginterogasi semua anggota keluarga Kimmy. Diawali dari Bejo (supir keluarga Kimmy), Bagong (tukang kebun di rumah Kimmy), Semi (pembantu rumah tangga), Jonah, Fenita (ibu Kimmy), Opa dan Oma Samuel, sampai Karel (sahabat dekat Kimmy). Lewat keterangan-keterangan dari mereka-lah, Detektif Fred mengumpulkan bukti kasus penculikan Kimmy. Lantas, bagaimana kisah selanjutnya? Dimanakah sebenarnya Kimmy berada? Apakah kasus penculikan Kimmy ada hubungannya dengan Karel?


Review :

“Kimmy Puzzle”, pertama kali aku tahu novel ini ketika akun twitter Medpress mempromosikan novel ini. Tweet-tweet tentang novel ini cukup membuat aku penasaran. Segera aku beli di gramed.


Bab-bab awal disajikan dengan twist-twist yang bikin penasaran. Dari mulai saling tuduh antara orang tua Kimmy sampai oma Kimmy menyewa detektif Fred untuk mengusut kasus hilangnya Kimmy.
Penulis menceritakan kisah hilangnya Kimmy ini ala novel misteri namun di sini penggambarannya jauh lebih ringan dan remaja banget. Saat membaca novel ini, aku ikut-ikutan bertanya-tanya, kemana Kimmy?

Setelah baca sampai selese. Akhirnya aku menyimpulkan selain fokus utama tentang hilangnya Kimmy, tapi penulisnya menyajikan kisah lain di balik itu. Kurang harmonisnya orang tuanya membuat Kimmy memutuskan untuk ‘menculik’ diri sendiri. Yap, Kimmy sebenarnya enggak diculik. Ini cuma akal-akal dia bersama kakek neneknya agar kedua orang tuanya kembali harmonis. Dan, dia berhasil.



Well, aku suka. Meski saat ditemukan Kimmy, rasanya kurang greget. Kimmy ‘diculik’ karena orang tuanya, kukira mereka juga akan ditemukan oleh orang tuanya. Bukan Cuma oleh Deketif Fred. Ya, ditemukan langsung oleh orang tuanya dan tentu saja atas bantuan detektif Fred.



Tiga bintang buat novel ini.

0 comments:

Post a Comment

Saya menghargai secret reader.
Jika mau berkomentar, tulis saja.
Jika tidak, cukup baca.
Dan kembali jika kau mau.

 
Copyright (c) 2010 Segores Coretan and Powered by Blogger.