Pages

Thursday 26 March 2015

[REVIEW] AKU, KAMU DAN HUJAN BY ANITA SARI





Judul               : Aku, Kamu dan Hujan

Penulis            : Anita Sari

Jumlah Hal       : 214 hlm

Tahun terbit     : 2013

Penerbit          : Eazy Book
Kategori           : Novel Teenlit


Sinopsis :

Sophie dan Rie bersahabat sejak kecil. Berbeda dengan Sophie yang senang menulis cerita-cerita dongeng, Rie lebih suka menulis novel. Berbeda dengan Rie yang masih belum pernah pacaran, Sophie malah sedang berpacaran dengan cowok paling populer di SMA mereka. Berbeda dari Sophie yang selalu mendapatkan kehangatan dari orang tuanya, Rie justru merasa seperti anak tiri di tengah kecukupan keluarganya.



Namun, dari semua perbedaan itu Sophie dan Rie sama dalam satu hal…mereka sama-sama membenci Virgo, kakak kandung Rie sendiri!



Bagi Sophie dan Rie, setiap kali Virgo menghabiskan weekend-nya di rumah adalah mimpi buruk. Seperti kedatangan awan gelap yang kemudian menurunkan hujan dan petir…



Sebenarnya apa sih kesalahan Virgo?



Review :

Novel sederhana ini mengisahkan cerita yang cukup menarik. Dua karakter utama Shopie dan Rie yang sama-sama suka menulis mempunyai probematika sendiri. Aku bisa merasakan atmosfter persahabatan mereka apalagi saat mereka duduk di sebuah gubuk dekat rumah mereka dan bercerita banyak hal. Ini adalah adengan yang paling aku ingat.

Cinta terpendam, cinta segitiga, dan rebutan cowok. Seperti novel remaja kebanyakan. Karakter Shopie yang digambarkan lugu dan tidak suka dandan mampu membius cowok keren bernama Ganesha. Ah, andai di dunia nyata begitu. Dan ya, sayangnya tidak semulus itu. Tentu saja ada karakter orang ke tiga dalam hubungan mereka.



Tapi justru, dibanding Shopie. Aku lebih lebih tertarik pada kehidupan Rie. Dia yang suka menulis novel mempunyai seorang kakak bernama Virgo. Digambarkan kalau Rie iri karena orang tuanya memerlakukan Virgo lebih daripada dirinya, padahal Virgo mengenyam pendidikan di luar kota dan jarang berada di rumah. Tampaknya Rie juga kurang tertarik dengan urusan cinta. Selain itu aksi bodoh Rie yang sering menyembunyikan pemberian Virgo untuk Shopie, justru membuat karakternya lebih kuat dibanding Shopie. Sampai tentang novelnya yang lolos menang saat diam-diam Virgo mengetahui kalau adiknya suka menulis novel dan mengirimkan karya adiknya hingga lolos. Sejak itu hubungannya dengan Virgo mencair.



Ada  beberapa bagian yang sulit aku pahami, tentang misi Dipta mempersatukan Shopie dan Virgo. Rasanya terkesan agak ruwet.  Yang lebih disayangkan lagi adalah sosok dalam dongeng yang ditulis Shopie tidak diceritakan di akhir. Meski aku menebak-nebak kalau mungkin itu untuk Ganesha.



Secara keseluruhan, novel ini lumayan bagus untuk remaja. Kurasa di luar percintaan khas remaja itu, terselip pembelajaran yang bisa dipetik. Dan sekali lagi, aku malah dapet pembelajaran itu dari Rie.



3 bintang untuk novel ini

0 comments:

Post a Comment

Saya menghargai secret reader.
Jika mau berkomentar, tulis saja.
Jika tidak, cukup baca.
Dan kembali jika kau mau.

 
Copyright (c) 2010 Segores Coretan and Powered by Blogger.