Pages

Friday 27 March 2015

[REVIEW] MEMBAGI RINDU BY KOKO FERDIE




Judul Buku                  : Membagi Rindu

Penulis                         Koko Ferdie

Penerbit                       : Ping!

Terbit                           : 2015

Jumlah Halaman          : 219 Hal

Kategori                      : Novel Teenlit


Review :
Saya jatuh cinta dengan covernya, ini yang pertama kali saya tangkap waktu penulisnya pertama kali men-share di sosmed.  Dan lagi-lagi saya beli langsung sama penulisnya gegara di Gramedia kotaku stoknya kosong.

Kota Berlin menjadi pembuka novel ini, saya bener-bener menikmatinya. Karakter Rain yang berwajah indo yang hidup bersama ayah dan ibu tiri, sempat memunculkan pikiran kalau cewek ini pasti angkuh. Dan, saya salah. Lalu Awan, di awal kemunculannya aku cukup tertarik. Dia cowok pintar dan punya jiwa sosial tinggi dan setia kawan. Samudra, cowok keren namun terkesan lebih urakan dengan kebiasaanya mendengar lagu metal dan merokok. Terakhir Nadia, cewek periang namun pemalas dan payah banget kalau soal urusan pelajaran.

Novel yang ditulis dengan menggunakan POV 3 terbatas namun  menggambarkan karakter keempat tokohnya. Novel ini serupa dengan novel Koko sebelumnya, tapi ini lebih rumit. Skema (?) cinta antar tokoh membuatku bertanya-tanya. Rain yang menyukai Samudra, pun Samudra. Awan yang menyukai Rain, Nadia yang menyukai Awan.  Awalnya kukira Rain yang bakal jadi sama Awan, dan lagi-lagi aku salah.

Bahasa dalam novel ini masih ala remaja dan ala Koko tentunya :D tapi menurutku di sini lebih dalam dibanding novel sebelumnya. Sebenarnya ada beberapa kesalahan teknis tapi itu tidak seberapa.
Aku menyukai probelamatika setiap tokoh, sayangnya tokoh Nadia kurang dieksplore padahal menurutku dibalik gayanya yang periang dan kadang pecicilan, sebenarnya dia lemah. Dan kenapa bagian Nadia selalu dikasih nomor? :P Dan, saya lebih menyukai karakter Awan dibanding Samudra.

Dibanding JCD, saya lebih suka Membagi Rindu. Rating 3,5 dari 5 bintang buat novel ini.

Ada beberapa kutipan bagus dalam novel ini, sayangnya selebihnya lupa halamannya :D






Setelah ini saya sangat berharap Koko bisa melahirkan novel adult. Aku menyukai cerpen-cerpen dia di Femina, tulisan dia lebih nyatra dan aku suka :D

0 comments:

Post a Comment

Saya menghargai secret reader.
Jika mau berkomentar, tulis saja.
Jika tidak, cukup baca.
Dan kembali jika kau mau.

 
Copyright (c) 2010 Segores Coretan and Powered by Blogger.